InstaForex

Friday, December 30, 2011

Trading Plan

Brajamusti Parabolyc

Latar Belakang

1. Mengapa kita ingin menjadi trader?
Saya ingin menjadi Trader Forex karena melihat ada peluang yang sangat baik dengan penghasilan tidak terbatas. Walaupun di sisi lain ada resiko yang mesti disikapi secara bijaksana dalam setiap transaksi.
2.  Bagaimana style kita?
Saya memang orang yang kurang sabar, namun secara perlahan akan diperbaiki tingkat kesabarannya dalam transaksi baik itu OP Sell / OP Buy menunggu sinyal yang kuat untuk menentukan Open Posisi.
3. Kelebihan yang saya miliki sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menangkap setiap ilmu yang dipelajari termasuk ilmu trading Forex, hanya saja sedikit malas mencermati secara detail. Hal ini yang harus dirubah, Forex is detil. Sedetail mungkin dipelajari fluktuasi harga sebelum melakukan Open Posisi. Jangan Buru-buru. Tunggu sinyal kuat!
4. JAdwal Trading; di waktu senggang yaitu;
o   Jam 07.00 -09.00 (dengan catatan sudah mandi). Jika belum mandi tidak akan trading, karena bangun tidur tentu saja badan kita belum segar dan masih loading  jika belum mandi. Supaya lebih Fresh berpikirnya dan logika transaksi bisa dengan mudah ditangkap.
o   Jam 13.00 – 16.00 (jika tidak ada kegiatan)
o   Jam 19.00 – 21.00 (jika tidak ada kegiatan)
5. Saya sudah menemukan system trading yang cukup bisa dihandalkan, hanya saja harus diatur
              jam kerja trading. Jangan terus-menerus tidak tahu waktu seperti orang GILA saja!!
         6. Saya harus belajar membuat EA (Robot Forex) dan cara memasangnya. Supaya Trading yang saya lakukan bisa konsisten sesuai dengan Trading Plan, karena jika menggunakan EA – akan konsisten terhadap situasi dan kondisi apa pun. EA tidak punya perasaan, tidak punya rasa lelah, tidak punya emosi, dan tidak punya hawa nafsu,s erakah, dan angkara murka.

7. Tujuan Trading yang saya lakukan tentu saja mencari keuntungan alias PROFIT sehingga motto Trading for Live dapat dicapai dengan bijaksana.

8.  Target pendapatan
Target profit berkisar antara 1%-5%  perhari dari total Equity. Jika sudah tercapai target profit maka harus berhenti Trading, masih ada hari esok untuk Trading. Simpan energy, kembalilah ke indo.MT5.com atau pelajari kembali secara cermat ilmu Trading Forex. Sehingga Traget Trading perbulan berkisar antara 30% - 60%%% saja. 

          9. Target Profit pertahun minimal 360% dan maksimal 720%.

        10. Saya akan membangun hubungan sosial dengan orang lain baiks esama trader, master,  
            newbie atau siapa pun bahkan yang belum tahu Forex Trading sekalipun..
       11. Saya tahu rencana saya bisa berhasil karena sudah menjalankannya, sehari saya bisa
            mencapai di atas 5% profitnya dari total Equity. Karena tidak memiliki Trading Plan    
  akhirnya terus saja trading tanpa mengenal waktu yang pada akhirnya kembali Loss.

12. Strategi Trading (Equity $500)
Strategi yang akan saya gunakan adalah menggunak indicator Parabolyc SAR yang didukung dengan indicator Moving Average. Secara detil sebagai ebrikut;

Ø  Parameter Parabolyc SAR Step:0,02 dan Max:0,2
Ø  Pair Euro/USD dan EURO JPY
Ø  OP Buy dilakukan pada saat sinyal kuat Parabolic SAR akan mendekat / menyentuh Price dengan;
·         Take Profit (2 pip)
·         Quantity 0,1 Lot.

Ø  OP Sell juga dilakukan pada saat sinyal kuat Parabolic SAR akan mendekat/ menyentuh Price dengan ;
·         Take Profit (5 Pip)
·         Quantity 0.2 Lot.

Ø  OP Sell dilakukan pada saat sinyal kuat akan menyentuh Parabolic SAR, karena itu pertanda Price akan segera turun.
·         Take Profit (4 pip).
·         Quantity 0,1 Lot

Ø  OP Buy dilakukan setelah harga melewati 3-5 pip di bawah  bintang (sinyal) Parabolic SAR.
·         Take Profit (6pip)
·         Quantity  0,2 Lot




Manajemen Resiko
Ø  Cut Loss masing-masing 15 pip.
Ø  Saya akan melakukan review setiap hari, terlebih apabila terjadi Loss pada saat harus keluar Market sesuai jam kerja Trading saya.
Ø  Saya tidak akan masuk pasar pada saat pasar tidak memberikan signal untuk masuk sesuai system trading.
Ø  Saya akan mencari metode baru dan indicator baru jika strategi trading di atas mengalami Loss 2 hari berturut-turut.
Ø  Saya akan membaca berita-berita forex selama setengah jam sebelum masuk pasar.
Ø  Saya akan mengamati pergerakan Price (fluktuasi selama maksimal 15 menit sebelum OP sampai emnemukan sinyal kuat.

Disiplin

Ø  Saya akan disiplin menerapkan trading plan. Apabila saya melanggar  1 poin Trading, saya tidak akan merokok selama 1 jam ke depan. Berlaku kelipatannya.
Ø  Saya akan disiplin dengan Trading Plan ketimbang mengumbar nafsu seketika (instan karena ada peluang).
Ø  Saya akan mereview kembali apabila terjadi Loss pada setiap akhir Closing.

1 comment:

  1. Trading plan atau rencana trading sangat diperlukan oleh trader dan sebaiknya memang trader bisa melakukan perencanaan secara matang dalam melakukan trading jangan sampai tradingnya asal2an. makanya sekarang saya mencoba untuk bisa trading dengan lebih disiplin dengan akun mikro saya di broker octafx biar bisa profit lebih banyak :)

    ReplyDelete