Dear Trader,

Saya Newbie di bidang trading Forex. Awalnya di broker sebelah saya membuka Account sebesar $250. Saya hanya sehari praktek mengggunakan Account demo, selanjutnya langsung menggunakan account riil. Saya tidak mengerti di awal saya trading sehari bisa mendapatkan prfit $100 /hari. Sampai akhirnya dalam 5 hari trading account saya sudah memiliki balance hampir $600.

Saat itu saya trading XAUSD (Gold/Emas) sebelum terjadi penurunan harga yang sangat dramatis, karena sampai saat ini belum ada sumber berita yang bisa memastikan latarbelakang terjadinya penurunan harga emas yang sangat drastis. Penurunan harga emas itulah yang membuat account saya hanya tersisa $15, dan tidak bisa digunakan untuk transaksi di broker sebelah.


Pada akhirnya saya menemukan InstaForex yang bisa bertransaksi walaupun saldo kita di account hanya etrsisa di bawah $5 sekalipun. Kembali kepada persoalan trading saya yang belum menemukan jati diri (baca:trading system/strategy) yang bagus sehingga setiap closing /keluar dari market mendapatkan profit yang cukup signifikan.


Hampir sebulan ini saya mengalami Loss sekitar $3000, tidak apa2. Itulah proses pembelajaran buat saya yang sangat mahal harganya, Kemudian baru saya menyadari bahwa saya melakukan trading ibarat pergi ke hutan belantara yang sama sekali dengan tidak memiliki pengetahuan, kompas, dan peralatan yang mampu membuat saya selamat.

Kesadaran itulah yang membuat saya pada akhirnya mencari tahu, menggali pengetahuan tentang forex, dan membeli lebih dri 10 judul buku forex. Semakin banyak saya membaca tentang literatur forex, semakin membuat saya bingung/pusing. Karerna pada akhirnya apa yang saya baca belum menyerap sepenuhnya di kepala saya. Sehingga setiap trading pun tidak tahu harus berbuat apa? Hanya sekedar emreka-reka (memperkirakan) ke arah mana bergeraknya candle stick?

Anda tahu akibatnya yang terjadi? Loss terus -menerus sampai detik inis etiap kali trading. Saya hampir kapok untuk tidak Trading lagi. namun rasa penasaran terhadap kemampuan yang saya miliki dan rasa penasaran apakah trading forex dapat dicarikan formulasinya sehingga setiap keluar pasar bisa Profit?

Untuk itulah saya mohon pencerahan kepada para master, senior, aksepuhan , apra punggawa, dan para akademisi di bidang forex. apa yang ahrus saya lakukan? Perlukah saya menggunakan EA/Robot untuk trading? karena kelemahan saya adalah tidak bisa konsisten terhadap rencana trading yang sudah etrsusun dalam benak, khususnya manajemen resiko pengelolaan dana yanga da. Sehingga terkadang over transaksi yang pada akhirnya kekurangan margin dan dipaksa dilikuidasi.

Terima kasih ekpada kawan2 semua yang sudi membaca tulisan ini. Semoga ada hikmah di balik ekjadian ini semua. Saya hanya ingin mengatakan sebuah kalimat untuk emngakhiri tulisan ini. Jangan kapok bertrading forex, gali etrus ilmu pengetahuannya sampai emnemukan metode/strategi/sistem/cara trading yang menghasilkan Profit/ Baravo Forex!!! (sumber: http://indo.mt5.com/showthread.php?9510-Newbie-Hampir-Kapok-Trading-Forex&p=1126865