InstaForex

Friday, December 16, 2011

Berkenalan dengan investasi saham

Hari ini adalah hari ke 14 saya mengenal dunia saham secara dekat. Dalam artian bahwa saya mulai trading saham menginjak hari yang ke-14. Adapun tentang saham sudah saya ketahui sejak di bangku sekolah, maklum saja saya sekolah mulai dari SLTA mengambil Sekolah Kejuruan (dulu: SMEA) jurusan Administrasi Perkantoran. Sedikit banyak sudah memiliki pengetahuan dasar tentang perekonomian. Kemudian D3 dan S1 juga mengambil program studi Ekonomi Manajemen.

Berkenalan dengan dunia saham tentu saja bukan secara kebetulan, tetapi melalui proses yang panjang. Setelah sekian lama kurang lebih sepuluh tahun berjibaku dengan dunia maya, karena hampir tiap hari saya selalu online. Baik itu sekedar cari berita aktual, iseng, atau cari duit receh hehe..

Kemudian terpikir oleh saya untuk mencari informasi tentang dunia trading online. Bertemulah di dunia maya saya dengan beberapa portal perusahaan broker forex, dan saya membuka account demo. Mudah..dan profit terus tiap hari. Maka saya putuskan ahri berikutnya untuk membuat account real dengan deposit pertama $250. Awalnya saya dengan modal $250, dalam 3 hari berturut-turut mendapatkan profit rutin $100. Namun entah kenapa kemudian di hari-hari berikutnya saya Loss, amblas uang $50 tersebut karena memang kondisi pasar tiba-tiba tidak jelas buat saya.

Waktu itu saya selalu trading Gold (XAUUSD). Harga emas turun terus, akan tetapi saya melawan arah pergerakan harga. Anda tahu apa yang terjadi, Margin Call - inilah hantu paling menakutkan di dunia trading online Forex. Kita dipaksa untuk dilikuidasi karena margin nya sudah menyentuh kapasitas yang diberikan oleh perusahaan broker.

Hari berikutnya saya pindah trading ke perusahaan broker yang lain. mulai deposit lagi $100. Akan tetapi karena situasi pasar masih tidak jelas, atau memang saya yang belum bisa membaca situasi pasar. Harga emas (lagi2 saya masih trading emas terus) menurun terus. Amblas juga, saya tidak kapok kemudian deposit 10 kali lipat dari deposit awal. Dan harga emas turun terus, akhirnya amblas juga modalnya.

Mulailah saya mencoba untuk mencari alternatif lain. Saya coba untuk membuka account trading saham online. Ternyata trading saham sangat berbeda dengan trading Forex. Saham lebih aman, nyaman, dan tidak perlu kita monitor terus pergerakan harga. Bisa cukup di pagi hari setengah jam, dan sore hari setengah jam. Bahkan jika mau bisa seminggu dua kali, senin pagi dan jumat sore.

No comments:

Post a Comment